Kejari Mamuju Resmi Menahan Dua Tersangka Kasus Tipikor APBD-P 2013

oleh -

 

Mamuju, – Kado Hari Anti Korupsi Sedunia Polisi Resort (Polres) Mamuju secara resmi melimpahkan P21 terhadap kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun anggaran 2013 pada Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar)

Dalam kasus tersebut, Polres Mamuju telah menetapkan ZM dan SY sebagai tersangka dan langsung di gelandang ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Mamuju untuk melakukan penahan.

Berdasarkan hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulbar di temukan adanya kerugian negara senilai satu milyar lebih pada pelaksaan kegiatan perluasan lahan dan upa kerja pada 11 kelompok tani di Desa Leling, Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju.

Hal tersebut di sampaikan Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Mamuju, AKP Syamsuriansyah dalam konferensi pers, senin (10/12) .

Menurutnya, tersangka ZM saat itu sebagai Pejabat Pelaksana Tehnis Kegiatan (PPTK), sementara SY adalah sebagai Pejabat Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) pada Dinas Perkebunan Provinsi Sulbar.

“Selain ZM dan SY kita juga terus melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut karena kegiatan dalam suatu proyek tentu terstruktur. kemungkinan tersangka akan bertambah jika di temukan barang bukti,”tutupnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pidana Kusus (Kasi Pidsus) Kejari Mamuju, Cahyadi sabri, membenarkan pernyataan tersebut.

“Iya betul, pihak Polres Mamuju sudah menyerahkan kepada kami kasus tersebut,”kata Cahyadi via WhatsApp ke Harian Rakyat Sulbar.

Pada hari ini Senin 10 Desember 2018 pukul 14.20 WITA, Kejari Mamuju melaksanakan penahanan dugaan Tipikor belanja upah kerja pembukaan lahan/land Clearing atas pengembangan perluasan dan pengelolaan lahan pertanian di Desa Leling, Kabupaten Mamuju yang bersumber dari APBD-P pada Dinas Perkebunan Provinsi Sulbar tahun anggaran 2013 Silam.

Kedua tersangka di jerat pasal 2 jo pasal 18 ayat 1 huruf b UU Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Tipikor jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP subsider pasal 3 jo pasal 18 ayat 1 huruf b UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Tipikor jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP atau kedua pasal 9 UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Tipikor jo pasal 55 ayat 1. (mus/**)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *