Tingkatkan Budidaya Perikanan, Pemprov Sulsel Kirim Anggota ke Jepang

oleh -
Gubernur Sulawasi Selatan, Nurdin Abdullah dan Pemerintah Jepang. (int)

JURNALPENA.CO.ID, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan Uwajima Project Inc, Jepang, kembali membahas kerja sama dengan Pemerintah Prefekture Ehime Jepang pada bidang budidaya perikanan.

Pertemuan tersebut mengarah pada rencana penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) budidaya perikanan yang akan dikirim langsung ke Ehime Jepang untuk mengikuti training atau pelatihan selama enam bulan.

Kepala Badan Penelitian Pengembangan Daerah (Balitbanda) Sulsel, Iqbal Suhaeb membenarkan pertemuan dengan CEO Uwajima Project Inc, Kenichi Kiwada, adalah tindaklanjut pengiriman SDM Sulsel ke Jepang jalani training budidaya perikanan selama enam bulan.

“Pembahasan intinya dengan pihak mitra (Uwajima) nanti, kita akan kirim 10 orang magang di sana. Dari 10 itu, lima dari pihak mitranya di sini dan lima dari pihak Pemerintah Provinsi,” jelas Iqbal Suhaeb, dilansir Kabar.news, Selasa (19/3/2019).

Ikbal melanjutkan, utusan pemerintah yang nantinya diberangkatkan mengikuti pelatihan, akan dipersiapkan menjadi fasilitator atau trainer dan tenaga penyuluh.

“Yang dari provinsi nanti tergantung petunjuk Bapak Gubernur, sifatnya nanti jadi trainer,” singkat ikbal.

Lebih jauh, rencana kerjasama tersebut akan melakukan feasibility study (studi kelayakan). Pemerintah Jepang akan mengirim pihaknnya untuk meninjau daerah yang direkomendasikan Pemprov Sulsel, antara lain Kepulauan Selayar, Pangkep dan Bulukumba. Jepang juga meminta data potensi ikan laut di Sulsel. (*)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *