Nusantara Institute Pertahankan Budaya Lokal Lewat Camp Literasi

oleh -
Kegiatan Camp Literasi Nusantara Institute.

JURNAL:PENA.CO.ID, SOPPENG – Pengurus Besar (PB) Nusantara Institute lakukan kegiatan Camp Literasi 2019 di Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng. Kegiatan tersebut ditujukan untuk para siswa-siswi tingkat SMA se-Kabupaten Soppeng selama tiga hari.

Kegiatan camp literasi sangat disupport oleh pemerintah setempat, dalam hal ini Bupati Soppeng serta dari pihak TNI dan Kepolisian. puluhan peserta yang datang dari berbagai perwakilan setiap sekolah sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam pelaksanaanya, Nusantara Institute juga bekerja sama dengan KPA Rafflesia Makassar dan AMIK Lamappapoleonro Soppeng dalam menyukseskan kegiatan. Camp Literasi tersebut berorientasi kepada pelatihan kepemimpinan dan gerakan penyadaran akan pentingnya mempelajari serta mempertahankan kearifan lokal terutama di tanah Sulawesi.

Kegiatan tersebut menghadirkan beberapa narasumber, mulai dari Ketua KNPI Kab. Soppeng, Dandim 1432 Soppeng, Kapolres Soppeng, Pegiat Literasi & Kebudayaan, Wawan Mattaliu, KPU serta Bawaslu Kab. Soppeng.

“Camp Literasi ini akan dilaksankan di Kabupaten/Kota Se-Sulselbar dan kami harap kegiatan camp literasi ini para peserta mampu mengasah jiwa serta potensi sebagai seorang pemimpim tanpa melupakan identitas kultur daerahnya masing-masing,” ujar Ketua Umum Nusantara Institute, Nur Fajar, dalam rilisnya Jumat (5/4/2019).

Nur Jafar menuturkan, sebagai masyarakat yang hidup di zaman modern, hasurlah menggunakan teknologi digital dengan baik tanpa melupakan budaya nenek moyang.

“Di era revolusi teknologi digital sekarang semua dengan mudah diakses sampai ke pelosok dunia, inilah yang perlu kita manfaatkan serta waspadai, jangan sampai kita dengan mudah percaya atau terpengaruh oleh budaya-budaya asing yang akan merusak identitas dan nilai-nilai kearifan lokal kita,” tambah Nur fajar. (*)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *