Terlalu Memanjakan Anak Bisa Berdampak Negatif Bagi Tumbuh Kembangnya, Hentikan dengan 5 Cara Ini

oleh
ilustrasi

JURNALPENA.CO.ID – Setiap orangtua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Tak jarang, sebagian dari mereka justru kerap memanjakan anak.

Namun, memanjakan anak secara berlebihan bisa berdampak buruk terutama bagi tumbuh kembangnya. Hal ini akan membuat anak menjadi tidak mandiri bahkan rasa percaya dirinya juga berkurang.

Dilansir laman howdoesshe, berikut cara yang bisa dilakukan untuk berhenti memanjakan anak :

1. Berhenti memberi anak uang

Agar anak tidak tumbuh menjadi pribadi yang manja, ada baiknya berhenti memberikan mereka uang. Meski tidak ada salahnya jika anak diberi kesempatan untuk mengelola uang mereka sendiri, tetapi berikan pula pemahaman pada anak jika mendapatkannya tidaklah mudah.

2. Memberikan konsekuensi pada anak

Ketika anak marah, mengamuk karena melakukan sesuatu yang salah, maka jangan memanjakannya agar anak kembali tenang. Tetapi, beritahu anak bahwa ada konsekuensi atas tindakan mereka tersebut. Meski hal ini sulit dilakukan oleh orangtua, namun tetap teguh pada pendirian dan memberikan konsekuensi jadi salah satu pilihan terbaik.

3. Berikan anak aktivitas fisik

Hindari pula memanjakan anak dengan video game dan perangkat pintar lainnya. Hal ini akan membuat anak lebih sedikit berinteraksi dengan orang lain, bahkan aktivitas fisik pun menjadi berkurang.

Alih-alih memanjakan anak dengan hal itu, oramg tua bisa memberikan anak aktivitas fisik yang membuat tubuhnya bergerak. Manfaatnya, anak pun menjadi lebih sehat.

4. Biarkan anak memecahkan masalah sendiri

Seringkali saat anak mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolah, sebagai orangtua kita langsung membantunya.

Tapi tahukah Anda, ternyata hal itu bisa membuat anak menjadi manja. Biasakan anak untuk memecahkan masalahnya sendiri, sehingga mereka menjadi lebih mandiri.

Atau juga bisa berdiskusi dengan anak mengenai bagaimana cara pemecahan masalah tersebut. Ini membuat keterampilan berpikir kritis anak jauh ke depan.

5. Memberi contoh yang baik pada anak

Cara lain agar anak berhenti menjadi pribadi yang manja, salah satunya dengan selalu memberi contoh yang baik pada anak.

Jika anak melakukan aktivitas bermain kotor, sebaiknya ajak mereka untuk membersihkannya setelah selesai. Ajak anak pelan-pelan dengan cara yang halus dan jangan terlalu memaksanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *