Tunggu, Tiket Pesawat Murah mulai Dijual Besok, Begini Hitungannya

oleh -

JURNALPENA.CO.ID – Harga tiket pesawat jet untuk maskapai berbiaya murah (low cost carrier/LCC) dipastikan turun mulai tengah malam nanti. Besaran penurunannya sebesar 50% dari tarif batas atas (TBA) dengan alokasi kursi 30%.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono menjelaskan jika TBA Rp 1 juta, dan TBA LCC 85% maka harga tiket paling tinggi RP 850.000. Namun, karena penerbangannya masuk di jadwal tertentu yang mewajibkan penurunan harga tiket, maka akan dipotong 50%.

“Karena dia termasuk di jadwal tertentu salah satu 62 jadwal maka dia akan memotong 50%. Jadi 54 seat tadi hanya harga Rp 425.000, berarti ada cost, jadi Rp 425.000 kali 54 seat, misalnya 25 juta itu dibagi beberapa pihak tadi, baginya nanti berdasarkan struktur biayanya,” kata Susi di kantornya, Jakarta Pusat, sebaimana dilnasir detik.com, Rabu (10/7/2019).

Susi mencontohkan, total 100% biaya penerbangan di antaranya 30% avtur, maskapai 55%, pelayanan bandara 10% dan 5% jasa navigasi. Beban dari penurunan tiket pesawat kemudian persentasenya dibagi sesuai perhitungan di atas.

“Nanti yang Rp 425.000 kali 54 hasilnya dibagi beban yang tadi, jadi nanggungnya persis seperti komponen biaya, nah masalahnya komponen biaya itu dinamis,” ujarnya.

Susi melanjutkan, evaluasi terhadap kebijakan ini dilakukan setiap bulan sedangkan tiap Jumat dilakukan evaluasi teknis.

“Karena itu bagaimana penghitungan itu untuk kebijakan ini sudah memutuskan satu evaluasi kebijakannya 1 bulan, evaluasi teknis seminggu sekali setiap Jumat siang, kenapa karena lost sharing tadi berdasarkan variabel yang sering berubah, ini rumit banget karena memang rumit. karena kita membalance dua hal tadi,” ujarnya.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *