Masyarakat Parepare Berduka, Museum Habibie Segera Diwujudkan

oleh -

JURNALPENA. CO.ID – Presiden Ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie meninggal dunia hari ini di RSPAD Gatot Soebroto. Kepergian Habibie membawa duka mendalam bagi warga Parepare, Sulawesi Selatan.

Habibie lahir di Parepare. Dia menetap di sana saat ayahnya Alwi Abdul Jalil Habibie berdinas di kota itu sebagai ahli pertanian yang bertugas membimbing dan membina para mantri pertanian.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, turut berduka cita atas meninggalnya tokoh yang dikenal sebagai teknokrat ulung itu.

“Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Parepare merasa kehilangan dengan berpulangnya beliau yang seorang tokoh, bapak bangsa kita, panutan dan kebanggaan kita semua khususnya masyarakat Parepare. Semoga mendapat tempat yang layak di sisi-Nya,” kata Taufan Pawe saat dihubungi, Rabu (11/9).

Menurutnya, sosok Habibie sebagai negarawan membuatnya cocok dijuluki bapak bangsa. Sebab banyak sekali keteladanan yang ditiru dari seorang BJ Habibie.

“Bukan hanya karena kecerdasan beliau tapi juga kemampuannya dalam segala hal. Kita rencananya akan menggelar malam takziah,” tuturnya.

Dia menambahkan, bersama masyarakat Parepare pihaknya akan mewujudkan cita-cita BJ Habibie untuk membuat museum Habibie di tempatnya dilahirkan atau di rumah dinas orang tuanya di Jl Alwi Abdul Jalil Habibie sekitar 10 meter dari kawasan pelabuhan Nusantara Parepare.

“Di rumah tempat almarhum dilahirkan itu pernah jadi mimpi beliau (BJ Habibie) untuk dijadikan Museum Habibie satu-satunya di dunia. Tapi saat itu terkendala karena statusnya rumah dinas BNI. Tapi sekarang Alhamdulillah pemerintah kota sudah melahirkan kesepakatan bahwa tidak ada lagi kendala. Tinggal diimplementasikan, Insya Allah secepatnya,” tegas Taufan.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *