Dewan dan Pemkot Sepakati Anggaran Reses Anggota Dewan

oleh -

JURNALPENA.CO.ID, MAKASSAR – Plt Sekretaris DPRD Kota Makassar, Abdul Aziz Hasan menyebut, total anggaran reses anggota dewan tahun ini naik mencapai Rp5,2 miliar. Masing-masing anggota dewan mendapat anggaran sebesar Rp105 juta.

Total anggaran reses ini naik Rp3,1 miliar dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar Rp2,1 miliar. Angka ini disepakati pada rapat pimpinan DPRD dan Pemkot Makassar di ruang rapat Ketua DPRD Kota Makassar, Selasa (24/3) kemarin.

Setiap anggota dewan diberikan 3 kesempatan untuk melaksanakan reses sebanyak 3 kali dalam setahun atau setiap 4 bulan sekali.

“Mereka itu kan reses tiga kali setahun, karena memang tergolong besar (anggarannya) sehingga ini yang dibahas beberapa kali,” ucap Aziz.

Untuk teknis pelaksanaan kegiatan reses itu sendiri, Azis menjelaskan bahwa setiap anggota dewan harus melaksanakan reses enam kali selama tiga hari di lokasi yang berbeda.

“Akumulasinya kalau dia bisa menghadirkan 100 orang sekaligus dalam satu tempat artinya bisa dianggap cukup. Kalau belum cukup di satu lokasi dia pilih hanya 50 orang, berarti harus lagi melakukan (reses) di tempat lain dalam wilayah konstituennya itu, jadi toleransinya itu tiga sampai enam kali,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua III DPRD Makassar, Andi Nurhaldin mengatakan, setelah tiga bulan berkonsultasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Pemerintah Kota (Pemkot), kegiatan reses dewan sudah disetujui.

“Hasil di rapat tentang SK Perwali bagaimana dan Sosper (sosialisasi peraturan) ke depan, tapi alhamdulillah reses juga kita ke depan sudah disetujui, di mana nominalnya itu sudah naik. Tapi kita masih tunggu undangan Perwali disahkan,” pungkasnya.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *