Wabah Virus Corona, Yuk Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin E untuk Kuatkan Imunitas Tubuh

oleh -
Pepaya merupakan salah satu sumber vitamin E yang baik untuk kesehatan

JURNALPENA.CO.ID – Gizi dan nutrisi yang cukup sangat dibutuhkan untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Apalagi di musim pandemi virus corona (Covid-19), di mana imunitas tubuh yang baik sangat penting untuk upaya pencegahan.

Tubuh juga memerlukan vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit dan jantung. Selain itu, ada manfaat lain yang tidak banyak orang tahu. Apa itu?

Vitamin E merupakan antioksidan larut dalam lemak yang melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel dalam tubuh. Jika seseorang kekurangan vitamin E, maka ada sejumlah dampak buruk yang dapat dialami.

Menurut US standards, dalam sehari vitamin E sangat dianjurkan untuk dikonsumsi berdasarkan usia. Dalam sehari seseorang disarankan konsumsi asupan vitamin E sekitar 6 miligram/hari hingga 15 miligram/hari.

Manfaat vitamin E adalah memperlambat penuaan dan meningkatkan kesehatan kulit, mencegah kanker, melawan penyakit kardiovaskular, mengurangi bekas luka, menurunkan risiko katarak, meningkatkan fungsi neurologis, hingga meningkatkan hemoglobin.

Tak perlu tambahan suplemen, karena vitamin E banyak dikandung oleh makanan. Seperti sayuran berdaun hijau, biji bunga matahari, kacang-kacangan seperti almond dan kacang, biji-bijian, kuning telur, kedelai, buah kiwi, brokoli, pepaya, tomat, labu, juga selada.

Pastinya kalau mengonsumsi vitamin E alami dari makanan-makanan tersebut dapat menjaga kesehatan Anda. Sementara jika tubuh kekurangan vitamin E tentu ada dampaknya.

Mulai dari rambut rontok, proses penyembuhan akan jadi buruk, penurunan respons sistem kekebalan tubuh, kaki kram, penghancuran sel darah merah, miopati skeletal, dan retinopati. Untuk itu, pastikan menyertakan vitamin E pada menu harian Anda melalui makanan untuk melindungi sel-sel Anda. Demikian dikutip dari Okezone, Minggu (29/3/2020).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *